Kamis, 28 Oktober, 2021

PON XX Papua Resmi Dibuka, DKI Jakarta Unggul Sementara Perolehan Mendali

MONITOR, Jayapura – Perhelatan PON XX Papua resmi dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). Pembukaan gelaran kompetisi olahraga tingkat nasional ini terlihat sangat meriah.

Diawali dengan parade para atlet, pelatih dan official peserta event ini, dan dilanjutkan dengan pembacaan janji atlet oleh Maria Bonay, atlet Papua, dan pembacaan janji wasit yang dibacakan Manase Opur, wasit asal Papua.

“Dengan ini, penyelenggaraan PON XX resmi saya buka,” ujar Jokowi yang menandakan PON XX Papua resmi dibuka.

Dalam laporannya, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman mengatakan, PON XX ini diikuti 34 kontingen dari 34 provinsi dengan 6.116 atlet dari luar Provinsi Papua, dan 923 atlet Papua.

- Advertisement -

“Jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan 37 dengan 56 disiplin,” katanya.

PON XX diselenggarakan di empat klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. Vanue yang digunakan sebanyak 45, semuanya berstandar nasional, bahkan ada yang berstandar internasional.

Event yang diselenggarakan hingga 15 Oktober 2021 ini memperebutkan 681 emas, 681 perak dan 877 perunggu.

“Pertandingan telah dimulai sejak 22 September lalu, dan hingga sebelum PON dibuka, DKI Jakarta mendapat 28 emas, Papua 17 emas dan Jawa Barat 11 emas,” kata Norman lagi.

Mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ini berharap PON XX tak hanya sukses dalam penyelenggaraan, tapi juga sukses administrasi, dari sisi ekonomi dan pasca PON.

Sementara itu, Gubernur Papua Lukas Enembe meminta maaf jika selama penyelenggaraan PON XX terdapat kekurangan-kekurangan, namun ia memastikan bahwa PON XX diselenggarakan dengan sebaik mungkin.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER