Jumat, 29 Maret, 2024

Mendes: Kemiskinan Ekstrem akan tuntas kalau dilakukan di Desa

MONITOR, Kuningan – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar meresmikan Graha Ahmad Bagdja di Desa Pajawan Kidul, Kuningan, Jawa Barat, Jumat (1/10/2021). Dalam peresmian itu, Halim Iskandar bertemu dengan sejumlah Kepala Desa atau yang disebut Kuwu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pendamping Desa dan organisasi masyarakat (ormas).

Kepada para Kuwu, Halim Iskandar menegaskan jika Desa merupakan Kunci pembangunan Indonesia karena desa bakal menopang pembangunan pada tingkatan diatasnya.

Olehnya, kata Doktor Honoris Causa dari UNY ini, Kementerian Desa PDTT sedang berupaya menuntaskan kemiskinan ekstrem menjadi nol persen pada tahun 2024. “Kuncinya sederhana, kemiskinan ekstrem akan tuntas kalau dilakukan di desa,” kata Halim Iskandar.

Karena, kata Mantan Ketua DPRD Jawa Timur, di desa itu datanya konkrit, riil dan tidak bisa dipalsukan.

- Advertisement -

Bupati Kuningan Acep Purnama, kata Halim Iskandar, sepakat untuk segera menyelesaikan data desa berbasis SDGs Desa sebagai rujukan pada permasalahan yang ada di desa.

“Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa di Kuningan sudah sangat bagus dengan mencapai 80 persen,” kata pria yang akrab disapa Gus Halim ini.

“Data itu tinggal di upload di sistem maka data-data itu menjadi milik Pak Kuwu yang lengkap terkait kemiskinan, kesehatan warga, termasuk derajat stunting,” tambahnya.

Jika desa maju, lanjut Mendes maka tingkatan dibatas hingga level Indonesia dipercaya akan semakin maju. “Dimana-mana selalu saya katakan, Indonesia ada desa dan Desa adalah Indonesia,” kata Gus Halim.

Gus Halim juga mengajak pihak lain yang hadir seperti Tokoh Masyarakat ,Tokoh Agama dan Ormas untuk konsolidasi dan kerjasama untuk membangun Indonesia dari desa.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER