Selasa, 19 Oktober, 2021

Wagub DKI Ajak Anak Muda Renungkan Hari Kesaktian Pancasila

MONITOR, Jakarta – Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum penting dan bersejarah yang harus direnungkan oleh seluruh bangsa Indonesia. Pesan ini disampaikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila melalui video conference yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Riza mengingat kembali peristiwa yang terjadi pada 56 tahun silam, dimana bangsa Indonesia pernah mengalami peristiwa luar biasa yang hampir menghancurkan keutuhan dan persatuan NKRI, yaitu pemberontakan G30S PKI 1965.

“Syukur alhamdulillah, bangsa ini dengan izin Allah dan falsafah Pancasila-nya berhasil melewati fase krusial itu dengan selamat. Tentu kita harus terus berikhtiar dan selalu berdoa agar peristiwa seperti itu tidak pernah terjadi lagi di bumi Indonesia,” kata Riza Patria dalam keterangannya, Jumat (1/10/2021).

Perjuangan tersebut, dikatakan Riza, penting direnungkan terutama bagi kalangan generasi muda.

- Advertisement -

“Khusus untuk generasi muda bangsa, yuk dipahami dan direnungkan lagi ya. Kita mesti mengerti, tahu dan paham catatan sejarah penting ini. Kemerdekaan yang kita rasakan saat ini bukan tanpa perjuaangan dan pengorbanan para pendahulu kita, harta, darah, air mata bahkan nyawa,” imbuhnya.

“Mari kita jaga dan kita majukan bersama-sama negeri ini dengan segenap daya dan upaya, gotong royong, agar terwujud niatan atau tujuan pendirian bangsa para founding fathers dam founding mothers kita. UUD 1945 aliena ke-4: “…melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER