Sabtu, 23 Oktober, 2021

Megawati: Bung Karno Pernah Bekerja di Bidang Perkeretaapian

MONITOR, Jakarta – Sepanjang hidup Presiden pertama RI, Soekarno, ternyata pernah memiliki pengalaman di bidang perkeretaapaian. Kisah ini diungkap sang putri, Megawati Soekarnoputri, yang merupakan putri sulung Bapak Proklamator itu.

Dijelaskan Megawati, usai tamat dari ITB, Bung Karno pernah bekerja di Perusahaan Kereta Api Belanda di Jawa Timur. Bahkan kala itu, hubungan emosional telah terbangun ketika Bung Karno menjadi buruh di perusahaan kereta api tersebut.

“Bung Karno pernah berkata bahwa pahlawan yang sesungguhnya tidak menginginkan dipuji namanya. Kita tahu bunga mawar menyebarkan baunya tanpa menyebut-nyebut namanya, tapi harum semerbak. Karena itu jangan lupa sejarah dan hargailah pahlawan-pahlawan kita,” pesan Megawati saat beberapa waktu lalu menghadiri peresmian patung Proklamator RI yang dibangun oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Presiden kelima RI ini juga mengapresiasi atas dibuatnya patung Bung Karno, oleh seniman Indonesia.

- Advertisement -

“Makna dibuatnya patung ini merupakan sebuah apresiasi dari seniman Indonesia. Padahal wajah Bung Karno ini sangat sulit diaplikasikan ke dalam bahan perunggu. Karakter wajah Bung Karno sulit tetapi berkharisma dengan senyumannya.” ucap Ketua Umum PDI Perjuangan itu.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, patung Bung Karno merupakan bagian dari pekerjaan penataan kawasan stasiun Tawang, Area Kota Lama, Semarang. Satu pekerjaan adalah plasa patung Bung Karno, dua lainnya adalah pembangunan masjid stasiun yang bisa menampung 1.000 jamaah dan pembangunan gate-in/gate-out.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER