Sabtu, 27 April, 2024

Ternyata, Ini Faktor Lalu Lintas Kapal Asing di Laut Indonesia Tinggi

MONITOR, Jakarta – Direktorat Strategi Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Perumusan Strategi Keamanan Laut, Rabu (22/9/2021). Salah satu pembahasannya yakni menyoroti pengawasan terhadap lalu lintas kapal, khususnya kapal asing yang berlayar di perairan Indonesia.

Dalam keterangannya, Deputi Kebijakan dan Strategi Laksda Bakamla Tatit E  mengatakan faktor geografis Indonesia yang strategis mempengaruhi tingginya lalu lintas kapal asing di Perairan Indonesia. Sehingga tidak heran, jika lalu lintas kapal asing terbilang cukup tinggi.

Selain itu, dijelaskan dia, adanya selat internasional di dalam wilayah laut Indonesia turut menjadi faktor yang membuat Indonesia menjadi strategis bagi pelayaran lintas negara. Hak lintas kapal asing ini tidak serta merta dapat dihilangkan karena sudah diatur dalam UNCLOS 1982.

“Dengan demikian, peningkatan pengawasan dan penanganan terhadap pelanggaran pelaksanaan hak lintas kapal asing adalah sebuah keniscayaan,” ucap Laksda Tatit.

- Advertisement -

Sementara itu, Direktur Strategi Kamla Laksma Bakamla Joko Sutrisno, M.Si. (Han) selaku ketua penyelenggara menyatakan Rakernis ini merupakan bentuk usaha Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan pengawasan keamanan dan keselamatan laut.

“Tidak hanya terdapat potensi terjadinya pelanggaran, insiden yang berkenaan dengan keselamatan pelayaran juga cukup tinggi. Hal ini memerlukan kerja sama berbagai (K/L) yang berwenang dalam menjaga kedaulatan perairan Indonesia,” jelasnya di sela-sela kegiatan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER