Jumat, 26 April, 2024

Tak Kunjung Dibangun, Pedagang Pasar Senen Blok VI Tagih Janji Anies

MONITOR, Jakarta – Para pedagang Pasar Senen, Blok VI, Jakarta Pusat menagih janji Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang tak kunjung memulai pembangunan pasar yang akan mereka tempati. Padahal Anies Baswedan sempat melakukan groundbreaking atau meletakkan batu pertama di pasar tersebut pada 10 Maret 2021 silam atau enam bulan lalu.

Ketua Tim Pedagang Pasar Senen Blok VI Usdin Nainggolan mengatakan sejak di groundbreaking 10 Maret 2021 silam atau enam bulan lalu pembangunan pasar tersebut tidak pernah ada kelanjutannya dan dibiarkan mangkrak begitu saja.

Dengan manggkraknya pembangunan pasar tersebut, saat ini 2.200 pedagang Pasar Senin Blok VI sudah tidak nyaman mengisi tempat penampungan sementara.

“Dengan ini kami mohon kepada pak Gubernur supaya memperhatikan pasar kami,” ujarnya saat ditemui di lokasi pada Selasa (21/9).

- Advertisement -

Ia juga menagih janji Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyatakan proyek tersebut bakal rampung selama 18 bulan paska groundbreaking. Namun selama enam bulan kemudian, proyek tak kunjung ada perubahan dan alat berat didiamkan di lokasi.

“Kenyataannya pasar seperti ini, sudah masuk bulan September 2021. Jadi, kami melihatnya bagaimana ini pasar kami ini, sebab pedagang juga sudah resah,” ujar Husdin.

Dalam kesempatan itu, Usdin juga meminta kepada Anies dan Direktur Utama Perumda Pasar Jaya untuk melihat kondisi proyek saat ini. Para pedagang berharap, agar proyek dapat segera diselesaikan karena tempat sementara dinilai tidak layak untuk dipakai.

“Namanya penampungan yah kondisinya begini, untuk parkir kendaraanpun tidak ada. Tapi yang kami sesalkan ini sudah tiga tahun kami di tempat penampungan, masak kami terus-terusan di sini,” katanya.

Sementara itu anggota Tim Pedagang Pasar Senen Blok VI, Reinhart Panjaitan mengaku, para pengunjung pasar dan pembeli enggan mampir ke kios para pedagang karena tempat sementara tidak dilengkapi parkir kendaraan bermotor. Sebab, Jika mereka memaksakan memarkirkan kendaraannya, bakal ditindak petugas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat.

“Yang menjadi keresahan kami tidak adanya progres pembangunan pasar itu,”pungkasnya.

Seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pernah menghadiri kegiatan groundbreaking Pasar Senen Blok VI pada Rabu, 10 Maret 2021. Pembangunan ini diharapkan dapat menghadirkan ikon baru sentra perdagangan di Ibu Kota, selain pasar Tanah Abang.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER