Kamis, 18 April, 2024

Cak Imin: Negara Harus Hadir Lindungi Pekerja Migran

MONITOR, Jakarta – Persoalan para pekerja migran Indonesia harus dipikirkan oleh Negara. Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menyatakan, di sejumlah negara tujuan, keberlangsungan hidup pekerja migran terkendala akibat lockdown di negara tempat mereka bekerja.

Cak Imin, demikian panggilan Muhaimin, mendesak agar Negara hadir memberikan jaminan perlindungan yang optimal.

“Berikan perlindungan yang optimal untuk para pahlawan devisa ini. Harus ada solusi-solusi menyangkut problem jangka pendek secara prosedural maupun problem pandemi. Ini membutuhkan perhatian serius,” ujar Cak Imin, dalam diskusi daring belum lama ini.

Dikatakan dia, berbagai persoalan yang dihadapi para PMI selama hampir dua tahun belakangan di berbagai negara tujuan seperti Malaysia, Arab Saudi, Korea, Taiwan, Jepang, Singapura dan berbagai negara lain, mengharuskan pemerintah dan bangsa ini untuk melakukan langkah-langkah yang lebih signifikan dan strategis untuk mengatasi problematika dan solusi bagi para PMI.

- Advertisement -

Ketua Tim Pengawas Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PPMI) ini mengatakan, dalam minggu-minggu ini, dirinya memimpin rapat dengan pihak-pihak terkait untuk mengatasi persoalan PMI. Antara lain, Imigrasi, Kementerian Luar Negeri, Konsulat, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Sosial dan lintas kementerian untuk membuat satu rangkaian kegiatan utuh menyangkut pemulangan dan antisipasi keadaan PMI.

Menurutnya, dalam konteks ekonomi, menjadi pekerja migran adalah pilihan rasional yang bisa dilakukan oleh sebagian warga negara di tengah persoalan sulitnya lapangan kerja, pengangguran dan himpitan ekonomi di Tanah Air.

“Pertumbuhan angkatan kerja yang tak sebanding dengan pertumbuhan kesempatan kerja telah menjadikan pilihan, menjadi pekerja migran adalah pilihan alternatif yang bisa dilakukan,” urainya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER