Kamis, 28 Maret, 2024

Mulai 1 September, Gerbang Tol Cileunyi Baru Akan Beroperasi

MONITOR, Bandung – Gerbang Tol Cileunyi baru mulai Rabu, 1 September 2021, akan dioperasikan. Kebijakan ini sehubungan dengan penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang terintegrasi dengan Jalan Tol Padaleunyi di bawah koordinasi pengoperasian oleh Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT).

Diketahui sebelumnya, lalulintas yang menuju akses masuk (on ramp) GT Cileunyi arah Jakarta dilakukan pengalihan lalu lintas melalui Simpang Susun (SS) Cileunyi.

“Mulai 1 September 2021 pukul 00.00 WIB, transaksi entrance yang sebelumnya berada di GT eksisting akan dipindahkan ke GT baru yang ada di atas SS Cileunyi,” ujar General Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad, Thomas Dwiatmanto, Selasa (31/8/2021).

Ia menjelaskan GT Cileunyi baru ini mengoperasikan 8 GTO Multi pada tahap awal. Dengan dioperasikannya GT Cileunyi baru ini, kendaraan dari jalan nasional (arteri) arah Garut menuju ke Jakarta melalui GT Cileunyi diarahkan melalui lajur baru SS Cileunyi, selanjutnya akan melakukan transaksi di GT Cileunyi baru.

- Advertisement -

Sementara itu, kendaraan dari arah Jakarta menuju Cileunyi dan sekitarnya yang keluar melalui GT Cileunyi akan tetap menggunakan GT Cileunyi sementara dengan total 12 gardu terdiri dari 2 GTO single, 4 GTO multi dan 6 gardu OAB.

Thomas menyatakan, dengan dioperasikannya gerbang baru ini, pengguna jalan dari arteri yang menuju Jakarta akan mengarah ke simpang susun dulu, kemudian melakukan transaksi di gerbang baru tersebut.

“Sedangkan yang arah sebaliknya atau yang keluar ke Cileunyi akan tetap melakukan transaksi di GT Cileunyi yang digunakan saat ini,” terangnya.

Ia pun menambahkan Jasamarga Metropolitan Tollroad bersama PT Jasamarga Tollroad Operator sebagai operator jalan tol, telah memasang rambu-rambu petunjuk untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan dan menempatkan petugas untuk melakukan pengaturan lalulintas di lokasi kegiatan, guna menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jalan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER