Sabtu, 18 September, 2021

Level PPKM Turun, Sandiaga Minta Masyarakat Tetap Waspada

MONITOR, Jakarta – Pemerintah telah menurunkan status PPKM level 4 di beberapa daerah menjadi level 3. Meski begitu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada dan menjaga protokol kesehatan Covid-19.

Ia menjelaskan, saat ini kondisi kasus positif di Indonesia ada di bawah 10 persen dengan tingkat Positivity Rate 8 persen serta angka kematian karena Covid-19 yang terus menurun.

“Ini menunjukkan satu perkembangan baik yang patut disyukuri dan bagaimana caranya kita ke depan melakukan langkah-langkah persiapan agar penurunan level PPKM ini tidak diikuti dengan euforia berlebihan,” kata Sandiaga dalam keterangan resminya, Selasa (31/8/2021).

Sandiaga mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan euforia berlebihan dengan beramai-ramai piknik ke destinasi wisata. Hal itu,kata dia, merujuk pada komentar Presiden Joko Widodo (Jokowi) perihal pemberitaan sejumlah media terkait kawasan wisata Puncak yang sudah macet total beberapa waktu lalu.

- Advertisement -

“Kita harus menyikapi jangan sampai terjadi apa yang kembali terulang di Amerika serikat dan di India bagaimana kasusnya ini juga meningkat pasca varian delta muncul,” kata Sandiaga.

Penunuran angka kasus Covid-19 harus disikapi dengan kewaspadaan dan kehati-hatian. Sandiaga juga memberi perhatian khusus ke beberapa daerah di Jawa-Bali terutama aglomerasi Bali Yogyakarta dan Solo Raya yang masih di level 4.

Target yang hendak dicapai oleh pemerintah pusat yakni positivity rate di bawah 5 persen dan pandemi berubah menjadi endemik.

“Kita harapkan dalam beberapa minggu kedepan akan turun dan tentunya angka kematian kita rata-rata yang masih tinggi. Arahan bapak Presiden agar kasus kematian bisa diturunkan secara signifikan,” kata Sandiaga.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER