Kamis, 23 September, 2021

Luhut Bangga Perusahaan Alat Suntik Lokal ‘Banjir’ Pesanan UNICEF

MONITOR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, mengaku bangga melihat salah satu pencapaian baru yang ditorehkan anak bangsa yaitu meningkatnya produk impor alat kesehatan.

Luhut mengungkapkan, sebuah perusahaan alat suntik sekali pakai asli Indonesia berhasil mendapat pesanan dari UNICEF sebanyak 850 juta unit alat suntik hingga tahun 2022 nanti.

“Saya menyaksikan bersama Menteri Kesehatan pelepasan 200 kontainer yang akan diekspor. Beberapa negara asing hari ini komplain dan bertanya mengapa Indonesia sekarang terkesan menjauhi produk luar negeri didalam e-katalog nya. Saya tegaskan bahwa kedepan kami akan fokus untuk pengembangan produk dalam negeri,” ujar Luhut dengan bangga, Jumat (27/8/2021).

Dikatakan Luhut, pencapaian ini berkat arahan dari Presiden Joko Widodo yang ingin agar produk dalam negeri berjaya di dalam negerinya sendiri bahkan kalau bisa berani bersaing hingga kancah global.

- Advertisement -

Ia menegaskan bangsa Indonesia harus terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas pencegahan dan penanganan wabah serta mendorong investasi kesehatan untuk masuk, termasuk di bidang mutakhir seperti bioteknologi dan sistem informasi kesehatan.
“Alokasi anggaran kesehatan hari ini yang mencapai ratusan triliun, saya kira sudah saatnya direformasi dengan mendorong penggunaan produk dalam negeri demi menciptakan multiplier effect’ yang tinggi sehingga akan membawa kita menjadi suatu bangsa yang mandiri dan tidak tergantung pada produk luar negeri,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER