Minggu, 26 September, 2021

Jusuf Kalla Ungkap Faktor Taliban ‘Berjaya’ di Afganistan

MONITOR, Jakarta – Kekuasaan kelompok Taliban di negara Afganistan berjalan mulus, bukan karena daya kekuatan yang dimiliki kelompok militan tersebut. Pernyataan ini ditegaskan oleh Jusuf Kalla, yang pernah didaulat sebagai mediator perundingan Afganistan.

Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 ini menyatakan, kejayaan kelompk Taliban menguasai Afganistan saat ini karena ada kesepakatan damai dan faktor berpulangnya militer Amerika Serikat.

“Kenapa Taliban berubah? Karena dia ingin memperbaiki hubungan internasional. Dia akan memperbaiki ekonominya untuk menjalankan pemerintahan,” ujar Jusuf Kalla belum lama ini, dalam wawancara Mata Najwa.

JK, begitu panggilan karib Jusuf Kalla, mengingatkan bahwa kelompok Taliban berbeda dengan ISIS. Sesungguhnya Taliban merupakan ‘orang lama’ di Afganistan dan pernah berjuang melawan Uni Soviet.

- Advertisement -

“Taliban itu urusannya internal atau domestik. Tidak ada usaha untuk memengaruhi orang lain kalau lihat sejarahnya. Berbeda dengan ISIS,” tukas politisi senior Golkar.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER