Jumat, 17 September, 2021

Menaker Bersyukur PMI di Perairan Taiwan Bisa Dipulangkan

MONITOR, Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah bersama Kementerian lainnya telah berhasil memulangkan pekerja migran Indonesia khususnya para ABK yang telah lama stranded di Perairan Taiwan.

Ida mengatakan Kemenaker ditunjuk sebagai koordinator repatriasi Awak Kapal LG yang stranded di perairan Taiwan untuk memudahkan koordinasi antar kementerian/lembaga. Mengingat, Awak Kapal yang bekerja di Kapal Berbendera Asing merupakan PMI sebagaimana UU No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan PMI.

“Patut kita syukuri dengan negosiasi yang panjang kita dapat memulangkan saudara-saudara PMI ke Indonesia, yang berjumlah 105 ABK ditambah 15 PMI/WNI Overstayer serta 1 PMI yang sakit dan 8 Jenazah,” ucap Ida Fauziyah, dalam keterangannya kepada awak media, Kamis (26/8/2021).

Selain itu dalam penanganan pemulangan para Awak Kapal LG tersebut, Kemenaker telah menginisiasi beberapa kali rapat koordinasi antar kementerian dalam penanganan repatriasi awak kapal tersebut

- Advertisement -

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap Satgas Covid-19 Wisma Pademangan dan seluruh pihak di Wisma Pademangan yang telah memfasilitasi karantina para PMI yang tiba di debarkasi Soekarno Hatta,” imbuh Politikus PKB ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER