Senin, 27 September, 2021

PDIP dan PSI Serahkan Usulan Interpelasi ke Pimpinan DPRD DKI

MONITOR, Jakarta – Keseriusan Fraksi PDIP dan PSI untuk menggunakan hak interpelasi kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, soal ajang Formula E terbukti. Hari ini, Kamis (26/8), kedua fraksi tersebut menyerahkan berkas usulan interpelasi ke meja pimpinan DPRD DKI.

Berkas penyerahan usulan interpelasi langsung diterima oleh Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi.

“Ya, hari ini kami menyerahkan berkas usulan interpelasi ke pimpinan dewan dan langsung diterima oleh Ketua DPRD DKI,” ujar anggota DPRD DKI dari Fraksi PDIP, Rasyidi.

Dikatakannya, dalam berkas yang dilampirkan tercatat sebanyak 33 anggota DPRD DKI yang menyetujui untuk menggunakan hak interpelasi.

- Advertisement -

Dari 33 anggota, semuanya berasal dari Fraksi PDIP dan PSI. Dimana PDIP ada 25 anggota dan PSI 8 anggota.

“Ada 5 hal temuan yang menjadi dasar kami menginisiasi hak Interplasi terkait Formula E Jakarta. Dan hari ini kami sudah menyampaikan secara resmi surat pengajuan ini kepada Ketua DPRD,” kata Rasyidi.

Dijelaskannya, salah satu poin keberatan terkait Formula E adalah dalam situasi pandemi yang tidak menentu seperti saat ini, semua angaran seharusnya dipriortitaskan untuk hal yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, bukan untuk pagelaran balapan yang tidak ada urgensinya dengan masyarakat.

“Uang Commitment Fee yang dibayarkan kepada Formula E itu bisa untuk membiayai sekolah anak-anak yang menjadi yatim piatu akibat pandemi Covid-19, bukan malah untuk penyelanggaran balapan yang di beberapa negara sudah menyebabkan kerugian bahkan jauh sebelum adanya pandemi,” ungkapnya.

Hal lain yang disorot dibeberkan Rasyidi, adalah terkait tidak transparannya proses perhitungan pembiayaan Formula E yang sudah disorot oleh BPK karena tidak cermat dalam melakukan memperhitungkan pola pembiayaan, sehingga sangat berpotensi kerugian.

“Dengan adanya interpelasi ini, membuat wacana penyelanggaraan Formula E ini bisa menjadi transpara,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER