Rabu, 24 April, 2024

Pimpin Upacara di Istana, Jokowi Pakai Busana Adat Lampung

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo tampak gagah berbalut busana adat pepadun dari Lampung, ketika menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021 yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 17 Agustus 2021.

Dalam pantauan Monitor melalui Zoom Meeting, pakaian adat yang dipakai Jokowi terdiri atas baju lengan panjang berwarna putih yang dipadukan dengan celana panjang berwarna putih juga.

Sementara itu, diluarnya dibalut sarung tumpal yaitu kain sarung khas Lampung yang dipakai Kepala Negara menutup celana dari pinggang hingga lutut.

Tak hanya itu, penampilan Jokowi dalam upacara ini dilengkapi dengan kain selendang, ikat pinggang, dan tutup kepala yang semuanya berwarna senada merah.

- Advertisement -

Sedangkan Ibu Negara Iriana Joko Widodo memilih mengenakan busana nasional berwarna gading dilengkapi kain songket. Penampilan Ibu Iriana tampak sederhana dan mempesona, dilengkapi dengan jilbab warna senada.

Pada Upacara Detik-Detik Proklamasi tahun-tahun sebelumnya, Presiden Jokowi memang kerap mengenakan busana adat dari berbagai daerah. Dalam HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 misalnya, Presiden memilih untuk mengenakan busana adat khas Klungkung asal Bali.

Dalam perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020 lalu, Presiden mengenakan busana adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Menurut Presiden, Indonesia memiliki kekayaan adat budaya yang sangat tinggi, termasuk dalam hal pakaian adat.

“Saya pernah mengenakan busana adat Aceh, Minangkabau, Sunda, Jawa, Sasak, Bali, Bugis, dll. Kita sungguh kaya akan budaya. Pada upacara 17 Agustus tahun ini saya mengenakan pakaian adat Pepadun dari Lampung,” ucap Jokowi di Istana Negara.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER