Minggu, 26 September, 2021

Jokowi: Pandemi Ibarat Kawah Candradimuka yang Menguji Kita

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyebut keberadaan pandemi Covid-19 ibarat kawah candradimuka yang menguji bangsa Indonesia. Adanya pandemi ini, dikatakan Jokowi, memaksa bangsa Indonesia untuk mengakselerasi inovasi dan kebiasaan-kebiasaan baru.

Misalnya, dikatakan Jokowi, kebiasaan memakai masker dalam aktivitas sehari-hari, menjaga jarak, mencuci tangan, menjaga pola makan yang sehat dan imunitas tubuh agar tidak tertular virus Corona.

“Pandemi itu seperti kawah candradimuka yang menguji, yang mengajarkan, dan sekaligus mengasah. Pandemi memberikan beban yang berat kepada kita, beban yang penuh dengan risiko, dan memaksa kita untuk menghadapi dan mengelolanya,” ucap Jokowi dalam pidato kenegaraannya di Sidang Tahunan MPR RI, Senin (16/8/2021).

Jokowi juga menyebut adanya krisis, resesi, dan pandemi itu seperti api. Ketiga elemen tersebut tidak bisa dihindari.

- Advertisement -

“Kalau bisa, kita hindari. Tetapi, jika hal itu tetap terjadi, banyak hal yang bisa kita pelajari. Api memang membakar, tetapi juga sekaligus menerangi,” terangnya.

Orang nomor wahid di Indonesia ini sangat berharap, bangsa Indonesia dapat mengambil pelajaran dari ujian pandemi serta mawas diri dalam menghadapi tantangan kedepan.

“Kita ingin pandemi ini menerangi kita untuk mawas diri, memperbaiki diri, dan menguatkan diri, dalam menghadapi tantangan masa depan,” imbuhnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER