Kamis, 23 September, 2021

Hutang Sama Rentenir, Pria di Depok Nekat Curi Uang Kotak Amal

MONITOR, Depok – Seorang pria babak belur dihakimi massa lantaran kepergok mencuri uang kotak amal musala di wilayah Kelurahan Rangkapan Jaya Baru (RJB), Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Senin (16/08/2021).

Kapolsek Pancoran Mas Kompol Trihariyadi mengatakan, peristiwa pencurian tersebut terjadi di musala Nurul Falah, Parung Bingung, RJB, sekitar pukul 16.30 WIB. Saat itu pelaku berpura-pura akan melaksanakan Salat Ashar.

“Pelaku berpura-pura seperti jamaah lain mau melaksanakan Salat Ashar. Saat ada kesempatan, ia langsung mencongkel kotak amal dan mengambil uang di kotak amal tersebut,” katanya kepada wartawan, Senin (16/08).

“Tetapi aksi pelaku berhasil dipergoki warga yang curiga akan gerak-geriknya. Pelaku langsung diamankan warga dan diserahkan ke petugas,” sambungnya melanjutkan.

- Advertisement -

Trihariyadi menjelaskan, adapun alasan pelaku JW mencuri uang kotak amal tersebut lantaran ia terlilit hutang dengan rentenir.

“Katanya terpaksa mencuri buat membayar hutang sama rentenir, sekitar Rp 1 jutaan. Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP, tentang pencurian. Adapun barang bukti yang kita amankan yakni kotak amal yang sudah dibuka, uang sekitar Rp 1 jutaan,” tuntasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER