Senin, 20 September, 2021

Sambut 1 Muharram, Jokowi Ajak Renungi Hijrah Nabi

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengajak umat Islam untuk merenungi hijrah yang dilakukan Rasulullah SAW dari kota Makkah ke Madinah. Refleksi ini disampaikan Jokowi dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1443 Hiriah.

Dalam perjalanan hijrah Nabi, dikatakan Jokowi, ada sebuah pengorbanan yang dilakukan Nabi yang pengikutnya kala itu. Mereka pun membuang ego, saling bersatu padu untuk meninggalkan segala hambatan.

“Hijrah Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah telah memberi kita pelajaran untuk direnungkan bahwa dibutuhkan pengorbanan untuk meninggalkan hal-hal yang menghambat kemajuan. Diperlukan kebersamaan, keberanian, dan solidaritas untuk mengatasi ancaman. Perbedaan latar belakang sosial dan budaya justru menjadi kekuatan,” ucap Jokowi dalam peringatan Tahun Baru Islam, Selasa (10/8/2021).

Di masa pandemi ini, Jokowi lagi-lagi mengingatkan agar umat Islam juga senantiasa patuh menjaga perilaku keseharian dan semangat berhijrah dari hal buruk ke yang baik.

- Advertisement -

“Kepatuhan umat menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan membatasi mobilitas mencerminkan semangat hijrah dalam perilaku keseharian kita,” terang Jokowi.

“Mari kita masuki tahun baru dengan penuh harapan, dengan doa, dan keyakinan. Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi dan melindungi bangsa Indonesia, serta menjauhkan kita dari berbagai wabah dan marabahaya,” imbuhnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER