Sabtu, 25 September, 2021

Ini Upaya UMB Bantu Pemulihan Pangan di Masa Pandemi

MONITOR, Bogor – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang diinisiasi oleh Kepala Biro Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Mercu Buana (UMB) yaitu Dr. Sawarni Hasibuan,M.T.,IPU melakukan pertemuan dengan berbagai industri produksi tahu di Desa Cibubulang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/8/2021).

Kegiatan ini dilakukan untuk upaya mengembangkan produktifitas dan kreatifitas UMKM industri produksi tahu di desa Cibubulang, Bogor, Jawa Barat untuk tetap survive di masa pandemi Covid 19. Belum lagi adanya kebijakan tingginya harga bahan baku kacang kedelai yang semakin tinggi yang mengakibatkan semakin terpuruknya industri pembuatan tahu dalam sistem pengolahan dan produktifitas tahu terutama dalam kondisi pandemi Covid 19 saat ini.

Dr. Sawarni mengatakan dengan adanya peran dosen ke masyarakat, sebagai upaya mendorong dalam menguatkan perekonomian desa Cibubulang di masa Pandemi Covid 19, terutama dalam hal penguatan produktifitas pangan berbasis kemandirian perekonomian umat di Indonesia saat ini.

“Saat ini perlu adanya kerjasama antara dosen dan pemerintah untuk membantu industri-industri kecil atau UMKM dalam proses produksi, pengemasan, pemasaran serta adanya menjalin kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah dalam memasok bahan baku produktifitas pengolahan tahu untuk dapat memajukan perekonomian UMKM dan kesejahteraan masyarakat di kondisi pandemi covid 19 saat ini,” ujar Sawarni dalam keterangannya, Kamis (5/8/2021).

- Advertisement -

Tidak hanya itu, ia juga mendorong pemerintah agar tetap menstabilkan harga Kedelai dalam memenuhi kebutuhan industri pengrajin tahu. Mengingat merujuk data Chicago Board of Trade (CBOT), harga kedelai dunia untuk penyediaan April 2021 berada di kisaran 14,33 dollar AS per bushels.

Terdapat kenaikan harga di kisaran 3,69 persen dari penyediaan Maret 2021 yang sebesar 13,82 dollar AS per bushels. Namun Sawarni berharap agar pemerintah turut andil dalam menstabilkan harga pokok bahan baku pembuatan tahu yaitu kedelai, sebagai upaya mendorong dan menguatkan sumber pangan di Indonesia saat ini.

Kegiatan ini juga akan dilakukan kerjasama antar LPPM UMB dengan industri produksi tahu di Desa Cibubulang, Bogor Jawa Barat sebagai bukti nyata peran dosen ke masyarakat dalam membangun penguatan perekonomian umat berbasis UMKM di Jawa Barat.

“Sebagai tekat kami yang terus berkontribusi dan hadir ke masyarakat dalam mengembangkan kreativitas, inovasi yang mandiri yang dapat dilakukan dengan mengandeng UMKM di berbagai daerah di Indonesia,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER