Jumat, 19 April, 2024

Anies Akui Jakarta dan London Punya Banyak Kesamaan, Ini Buktinya

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui bahwa Jakarta memiliki kesamaan dengan kota London, yakni semangat dalam menghadapi krisis iklim.

Sebagai sesama anggota C40 Cities, kata Anies, Jakarta terus mengerjakan gerakan mengatasi krisis iklim dengan menjadi kota berketahanan dan nol emisi. Dijelaskan Anies, semua itu dikerjakan dengan semangat kolaborasi berbagai pemangku kepentingan, terlebih di masa pandemi seperti ini.

“Kami optimis Jakarta akan bangkit dan menjadi lebih tangguh dalam setiap situasi krisis,” ujar Anies saat berbincang secara virtual dengan Walikota London, Mr. Sadiq Khan, Rabu (4/8/2021) kemarin.

Jakarta dan London juga memiliki karakteristik yang mirip. Di mata Anies, sebuah wilayah metropolitan yang besar hasil dari aglomerasi dan tulang punggung perekonomian nasional diberikan posisi khusus sebagai ibu kota negara.

- Advertisement -

“Bukan hanya itu, baik Jakarta maupun London juga memiliki kesamaan diplomasi iklim di forum C40. Maka dari itu, kami di Jakarta siap berkolaborasi dan bertukar pengalaman antar dua kota sehingga upaya untuk membuat kedua kota lebih berketahanan iklim akan menjadi lebih kuat,” terang mantan Mendikbud RI ini.

Anies bahkan rencananya mengundang Walikota Khan untuk mengambil bagian sebagai salah satu pembicara utama untuk acara “Jakarta Investment Forum 2021” yang akan diadakan pada November nanti.

“Ini merupakan salah satu komitmen Indonesia memperkuat kerjasama bilateral dengan Inggris, khususnya pada bidang perubahan iklim,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER