Kamis, 25 April, 2024

Respon Sigap TNI AU Proses Anggotanya Tuai Pujian

MONITOR, Jakarta – Langkah cepat TNI AU memproses hukum dua anggotanya yang terduga melakukan tindak kekerasan terhadap warga sipil menuai apresiasi dari Anggota Komisi I DPR RI, Irine Yusiana Roba Putri.

Irine menyatakan apabila kasus tersebut lamban ditangani, maka akan menimbulkan gesekan di Papua dan menjadi isu liar baik secara nasional maupun internasional.

“Melihat sejarah panjang keterlibatan militer di Papua, jangan sampai peristiwa ini menjadi preseden buruk pemerintahan hari ini, apalagi menjadi isu internasional. Oleh karena itu, proses hukum dan investigasi yang transparan adalah keharusan,” kata Irine dalam keterangan persnya, Rabu (28/7/2021).

Ia pun menyatakan TNI perlu melakukan pembinaan khusus terhadap aparatnya di Papua dalam berinteraksi dengan warga, supaya peristiwa serupa tidak terulang dan persepsi masyarakat terhadap TNI semakin membaik.

- Advertisement -

“Kita semua, dari berbagai kalangan, peduli terhadap kasus ini karena khawatir ini menjadi gangguan stabilitas keamanan di Papua. Ini bisa menjadi awal bagi upaya ekstra TNI meningkatkan kepercayaan rakyat Papua terhadap dirinya. Bagaimanapun, TNI adalah milik rakyat dan memihak kepentingan rakyat,” ujar Legislator PDIP ini.

Lebih jauh ia mengingatkan bahwa masih banyak anggota militer yang baik dan bertugas dengan dengan profesional di Papua.

“Jangan sampai satu peristiwa ini menutup semua langkah baik yang selama ini telah dilakukan TNI,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER