Selasa, 30 April, 2024

Pemprov DKI Sebar Bansos Beras, Tiap KK Dapat Jatah 10 Kg

MONITOR, Jakarta – Warga terdampak Covid-19 di Jakarta hari ini, Kamis (29/7), menerima bantuan sosial (bansos) berupa beras premium dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Bantuan secara simbolis dilakukan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, dengan melepas truk pendistribusian beras di Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (29/7).

“Kami baru saja melepas keberangkatan truk pengantar beras yang akan dikirimkan untuk keluarga penerima di kelurahan Cakung Barat dan Cakung Timur. Ada 5 ribu ton (beras), dan ada 24 RW yang hari ini menerima dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 25.137,” ujar Anies.

Dikatakannya, pendistribusian 10 kilogram beras premium untuk masing-masing penerima, merupakan bagian dari bantuan sosial masyarakat di Jakarta, dengan total penerima sebanyak 1.007.379 keluarga penerima manfaat. Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta Senin (19/7) lalu telah mendistribusikan bantuan sosial tunai sebesar Rp 600 ribu per KK.

“Hari ini mereka menerima bansos berbentuk beras senilai 10 kg per KK. Kami berharap dengan bantuan ini maka keluarga-keluarga di Jakarta, khususnya yang sosial ekonomi rendah akan bisa terbantu di masa sulit seperti sekarang,” harap Anies.

- Advertisement -

Dijelaskan Anies, beras yang dibagikan ini adalah beras yg berasal dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Indramayu, Karawang, Lampung, Ngawi, Sumedang dan Garut. Hal ini merupakan bentuk dari kerja sama antar daerah yang sudah lama dirintis oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Food Station Tjipinang Jaya.

“Ini melanjutkan apa yang sudah kita rintis selama ini, bahwa sentra penghasil beras kita ajak kerja sama dan menyerap produksinya untuk dimanfaatkan di Jakarta. Jadi disatu sisi membantu keluarga yang terdampak di Ibu Kota, di sisi lain kita membantu menggerakkan perekonomian petani daerah,” terangnya.

Anies juga menegaskan kalau beras yang nantinya didistribusikan adalah beras produksi Food Station Tjipinang Jaya dengan kualitas yang baik, sehingga sangat baik juga ketika dikonsumsi, sehingga warga menerima beras yang baik untuk dikonsumsi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER