Jumat, 29 Maret, 2024

Luhut Ajak Rapatkan Barisan, Atasi Varian Delta

MONITOR, Jakarta – Munculnya virus Corona varian Delta sangat membahayakan, bahkan dinilai mudah sekali menular. Untuk menekan jenis baru ini, Menko bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta semua elemen mengatasi pandemi ini.

Menurut Luhut, pelaksanaan kebijakan pengendalian pandemi ini sangat membutuhkan dukungan dari banyak kalangan.

“Penanganan varian Delta ini bisa dapat ditangani dengan baik, dan ekonomi rakyat kecil bisa berjalan, itu berpulang pada kita semua. Saya berharap teman-teman sebangsa dan se-Tanah Air, ayo kita rapatkan barisan untuk kita bersama-sama mengatasi varian Delta ini,” ucap Luhut tegas, dalam keterangannya.

Untuk menangani laju penularan varian baru ini, Luhut menjelaskan pemerintah sudah berupaya mengerahkan semua lini dalam upaya penanganan pandemi ini, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga aparat TNI dan Polri.

- Advertisement -

“Jadi kerja sama semua, pemda, TNI, Polri juga sejalan, sampai ASN. Saya kira semua, kami coba sudah menyentuh semua lini, bahwa ini adalah kerjaan kita bersama,” terangnya.

Lebih jauh, Luhut menjelaskan terkait penetapan PPKM Level 3 dan Level 4 di tiap kabupaten/kota ini dikaji berdasarkan tiga indikator utama, yaitu laju penularan kasus, respons sistem kesehatan berdasarkan panduan WHO, dan kondisi sosioekonomi masyarakat.

“Presiden menekankan betul yang terakhir ini, yaitu kondisi sosioekonomi masyarakat. Jadi kita membuat tiga indikator itu menjadi barometer kita,” ucapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER