Sabtu, 31 Juli, 2021

Luhut: PPKM Darurat Bukanlah Pilihan yang Mudah!

MONITOR, Jakarta – Pemerintah memperpanjang PPKM Darurat hingga akhir Juli mendatang. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menegaskan, sesungguhnya keputusan ini sangat sulit bagi pemerintah.

Ia menjelaskan, ada banyak kondisi yang harus dipertimbangkan terutama mengenai dampak ekonomi akibat pandemi ini.

“Perlu semua ketahui bahwa bukanlah pilihan yang mudah bagi pemerintah untuk memutuskan PPKM Darurat, karena saya melihat di satu sisi kita harus menghentikan laju penularan varian delta, agar para dokter dan tenaga kesehatan serta fasilitas kesehatan lainnya bisa fokus menyembuhkan pasien Covid-19,” tegas Luhut dalam keterangannya, Senin (19/7/2021).

Di sisi lain, kata Luhut, pemerintah terus memperhatikan dampak ekonomi yang cukup signifikan terhadap kondisi ekonomi rakyat kecil akibat pembatasan aktivitas dan penurunan mobilitas masyarakat.

- Advertisement -

Untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak PPKM, maka pemerintah pun mengucurkan bantuan sosial serta tambahan lainnya.

“Presiden Jokowi telah memerintahkan kepada saya dan juga seluruh jajaran menterinya untuk memberikan tambahan berbagai bantuan sosial yang bisa diberikan kepada mereka yang ekonominya terdampak pandemi,” terang Luhut.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER