Sabtu, 31 Juli, 2021

Belajar ‘Body Positivity’ dari Marshanda

MONITOR, Jakarta – Baru-baru ini beberapa unggahan foto Marshanda di media sosial Instagram menuai perhatian netizen. Foto-foto ini memperlihatkan tubuh Marshanda yang lebih gemuk tanpa editan sama sekali. Melalui koleksi foto-foto bertajuk “MY BODY IS PERFECT AND I LOVE IT” tersebut Marshanda ingin mengampanyekan body positivity.

Ia mengajak para followers-nya untuk lebih mencintai diri sendiri dan tidak memedulikan anggapan orang lain, demi hidup bahagia. Di caption salah satu foto, Marshanda mengimbau untuk berhenti menghakimi dan bersikap lebih bersahabat dengan diri sendiri.

“Haruskah kita jadi orang nomor satu yang nge-judge diri sendiri jelek? Segitu kejamnya kah kita harus bersikap (menghakimi) sama diri sendiri? Why don’t we be bestfriends with ourself instead? (Mengapa kita tidak bersahabat dengan diri kita sendiri saja?)” tulis Marshanda, dikutip dari akun Instagram @marshanda99.

Pemilik nama lengkap Andriani Marshanda tersebut memang sedang mengalami kenaikan berat badan beberapa waktu belakangan ini karena menjalani pengobatan untuk masalah kesehatan mentalnya. Bukannya mengeluh, proses yang dijalaninya ini justru membuat Marshanda merasa lebih cantik.

- Advertisement -

Ia merasa cantik saat bisa menjaga kesehatan dirinya, pikirannya, kata-katanya, jiwanya, dan kiprahnya untuk dunia. Marshanda pun merasa cantik karena bisa memberi dampak positif bagi banyak orang melalui koleksi fotonya tersebut.

Koleksi foto “MY BODY IS PERFECT AND I LOVE IT” bisa dilihat di akun Instagram Marshanda dan channel YouTube Marshed. Marshanda sendiri yang menjadi fashion stylist untuk sesi pemotretan koleksi foto ini. Foto-foto tersebut mendapat banyak likes dan komentar positif dari para netizen dan selebritis lainnya.

Body positivity

Koleksi foto “MY BODY IS PERFECT AND I LOVE IT” merupakan simbol body positivity dari seorang Marshanda. Dilansir dari Halodoc.com, body positivity merupakan bentuk penerimaan Anda terhadap setiap bentuk perubahan tubuh, mulai dari bentuk, ukuran, hingga kemampuan tubuh seiring bertambahnya usia. Ringkasnya, Anda selalu merasa nyaman dengan tubuh Anda dan tidak ingin melakukan perubahan apapun terlepas dari pandangan dan komentar orang lain.

Body positivity erat kaitannya dengan kesehatan mental seseorang. Apabila Anda telah menanamkan pola pikir body positivity, maka Anda akan memiliki penilaian positif terhadap tubuh Anda. Hal ini akan membuat Anda terhindar dari masalah kesehatan mental yang biasanya berkaitan dengan masalah body image, seperti depresi, kecemasan berlebihan, dan gangguan makan(anorexia dan bulimia).

Menerapkan pola pikir body positivity memang bukan perkara mudah. Terlebih lagi zaman sekarang ini masyarakat dan industri kecantikan kerap menggembar-gemborkan standar kecantikan universal. Seseorang akan dianggap cantik kalau memiliki rambut lurus panjang, tubuh tinggi dan langsing, serta kulit putih. Bagi seseorang yang memiliki fisik berbeda dari standar tersebut mungkin tidak mudah menerapkan body positivity.

Sulit bukan berarti mustahil. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan pola pikir body positivity. Apa saja?

  1. Percaya bahwa kecantikan itu beragam

Percayalah bahwa setiap perempuan itu cantik bagaimanapun bentuk dan ukuran tubuhnya, tidak hanya perempuan yang masuk kategori standar kecantikan universal. Perempuan cantik itu termasuk Anda. Daripada membandingkan diri dengan orang lain, lebih baik Anda mencoba memahami kebutuhan diri Anda. Coba dengarkan “pesan” yang dikirimkan tubuh mengenai kelebihan dan kekurangan diri Anda. Pahami bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lalu, jangan lupa untuk mencintai diri sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan tersebut.

  1. Praktikkan positive self-talk

Kenali kelebihan diri sendiri dan hal-hal yang Anda anggap menarik dari tubuh Anda. Puji diri Anda sendiri dengan menyampaikan hal-hal positif tersebut. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus dengan aspek-aspek positif dari diri Anda daripada kelemahan-kelemahannya. Anda juga bisa menerapkan positive self-talk ini ketika merasa tidak percaya diri untuk melakukan sesuatu. Yakinkan diri bahwa Anda pasti bisa melakukannya dengan segala kemampuan yang Anda miliki.

  1. Ubah keluhan jadi rasa syukur

Mengeluh memang sering kali rasanya lebih mudah daripada bersyukur. Sebab, sangat mudah untuk membandingkan diri dengan orang lain dan terjebak di dalam pikiran-pikiran negatif akan diri sendiri. Namun, cobalah untuk mengubah keluhan itu menjadi rasa syukur. Misalnya, daripada mengeluh tubuh Anda terlalu kurus dan terlihat kurang cantik, coba ucapkan syukur karena tubuh kurus ini telah membuat Anda lebih gesit dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Percayalah, Anda akan merasa lebih baik setelah melakukannya.

Itu adalah beberapa cara untuk menerapkan body positivity. Ingat, body positivity bukan berarti Anda jadi tidak berusaha menjaga penampilan sama sekali. Jangan lupa untuk tetap rajin berolahraga, menjaga pola makan, dan merawat tubuh, ya!

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER