Kamis, 18 April, 2024

Pandemi Covid-19, Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Minuman Fungsional

MONITOR, Jakarta – Indonesia kaya akan tanaman obat. Tanaman tersebut dapat diolah menjadi minuman fungsional yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Ir. Bagem Sofiana Sembiring mengungkapkan bahwa minuman fungsional adalah minuman yang memiliki efek positif terhadap kesehatan.

“Pentingnya minuman fungsional di antaranya untuk membantu mengatasi permasalahan kesehatan yang kompleks seperti penyakit menular atau tidak menular, hingga berkontribusi pada daya tahan tubuh,” kata Bagem Sofiana seperti dilansir dari Balittro pada Senin (12/7/2021).

Minuman fungsional dapat berasal dari komoditas tanaman obat. Tanaman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh antara lain tanaman meniran, temulawak, pegagan, jahe merah, dll. Tanaman tersebut dapat dijumpai di sekitar kita dan memiliki berbagai kandungan seperti flavonoid, tanin, kurkuminoid, dan senyawa fenolik yang memiliki sifat antioksidan.

- Advertisement -

Untuk pengolahan sebagai minuman fungsional, meniran dapat dikeringkan seperti pembuatan teh lalu diseduh menggunakan air panas. Dosis yang dianjurkan adalah 1-2 sendok teh per gelas. Untuk pengolahan temulawak maupun jahe merah, keduanya dapat dijadikan minuman menyehatkan dengan mengolahnya langsung atau menambahkan bahan lain seperti kayu manis, madu, lemon, atau lainnya.

Selain itu, minuman herbal Asitaba, salah satu inovasi minuman fungsional yang dihasilkan oleh Balittro bisa menjadi alternatif. Minuman dalam bentuk kemasan ini diformulasikan dari bahan asitaba, pegagan, jahe merah, dan temulawak yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlancar peredaran darah. Efektivitas minuman asitaba tersebut setara dengan Zymosan A.

Balitbangtan pun terus mendorong pemanfaatan tanaman rempah dan obat yang bisa berkontribusi bagi masyarakat. “Ini akan terus kita dorong, inovasi-inovasi, pemanfaatan berbagai tanaman rempah dan obat yang kita miliki,” ucap Kepala Balitbangtan Dr. Fadjry Djufry pada berbagai kesempatan.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 melanda Indonesia sejak awal tahun 2020. Penyakit yang disebabkan oleh virus corona ini dapat dihadapi dengan rajin mencuci tangan, memakai masker, dan mengurangi mobilitas. Selain itu, sistem imun tubuh juga perlu dijaga dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi, rajin berolahraga, tidur yang cukup, berjemur, dan melakukan kegiatan lain yang dapat meningkatkan imun.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER