Rabu, 28 Juli, 2021

Warga Jakarta Diimbau Beli Hewan Qurban Lewat Online

MONITOR, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, melalui Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP), mengimbau kepada umat muslim Ibukota agar memanfaatkan situs jual beli untuk membeli hewan qurban.

“Untuk menghindari penyebaran Covid-19 yang saat ini melonjak tinggi kami mengajak masyakat untuk membeli hewan qurban hari raya Idhul Adha, melalui online saja,” ujar Plt Kepala DKPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati saat dikonfirmasi awak media, Senin (14/7).

Dikatakannya, imbauan teraebut dalam rangka pelaksanaan Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 43 Tahun 2021 tentang Pengendalian Penampungan, Penjualan dan Pemotongan Hewan Kurban pada Pelaksanaan Iduladha 1442 H/2021 Masehi di Masa Pandemi COVID-19,

“Sekali lagi membeli hewan kurban melalui online atau dikoordinasikan oleh panitia kurban dan/atau lembaga keagamaan,” ajaknya.

- Advertisement -

Ia pun menyarankan kepada masyarakat untuk memotong hewan kurban di rumah pemotongan hewan (RPH) atau fasilitas pemotongan di luar RPH. Diingat juga bagi umat muslim agar memilih RPH yang tidak masuk dalam zona merah wabah corona.

“Dengan memperhatikan zona dalam website corona.go.id dan penerapan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Bahkan untuk mengantisipasi adanya kerumunan di RPH, dirinya meminta ketika pemotongan hewan kurban hanya dihadiri panitia yang jumlahnya terbatas.

Tak cuma saat pemotongan, pendistribusi daging kurban menggunakan kemasan yang tak cemari lingkungan. Terlebih juga langsung dibagikan ke langsung ke rumah warga tidak di satu lokasi yang timbulkan keramaian.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER