Sabtu, 24 Juli, 2021

Universitas Moestopo Gelar Vaksinasi Gratis untuk Umum

MONITOR, Jakarta – Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) melalui Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) berkomitmen untuk membantu program pemerintah dengan melaksanakan kegiatan vaksinasi gratis.

Terlebih, vaksinasi gratis ini bukan hanya mengakomodir sivitas akademika Moestopo semata, tapi juga masyarakat umum.

Hal tersebut adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat dan merupakan hasil dari kerja sama RSGM FKG Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dengan Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan,  dan Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan.

Menurut Dekan FKG Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Prof. Dr. Burhanuddin Daeng Pasiga, drg., MKes. kegiatan ini adalah bentuk dukungan pada program pemerintah dalam rangka penuntasan penyebaran Covid-19 yang lebih luas.

- Advertisement -

“Vaksin menjadi bagian intervensi medis untuk memperkuat imunitas,” jelas Prof. Burhanuddin.

Sementara itu, Direktur RSGM Moestopo, Dr. Witriana Latifa, drg., SpKGA, menambahkan bahwa agar pemberian vaksin dapat berjalan aman, para calon penerima vaksin diharapkan jujur dalam proses verifikasi dan screening terkait kondisi kesehatannya, termasuk konsumsi obat-obatan sebelum disuntikkan vaksin serta sudah sarapan dahulu sebelumnya.

Sedangkan Lurah Bintaro, Satia, S.IP dalam kesempatan yang sama juga memastikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini mematuhi protokol kesehatan.

“Sentra Vaksinasi Moestopo ini merupakan salah satu yang terbaik dalam memperhatikan protokol kesehatannya, didukung peralatan medis yang lengkap dan tenaga professional dokter dan perawat,” kata Satria.

Lebih lanjut Satia mengungkapkan bila kegiatan vaksinasi gratis ini bisa menjadi bukti kalau sinergi antar pihak yang terkait, Sentra Vaksin-Kelurahan-Puskesmas bisa terjadi untuk saling mengisi, berkoordinasi dan bekerja sama dalam pelaksanaan kegiatan agar berjalan dengan aman dan selamat.

Salah satu tindakan antisipatif yang dilakukan penyelenggara adalah dengan mengingatkan calon penerima vaksin untuk hadir dalam keadaan sehat dan mengenakan masker ganda melalui pesan teks yang dikirimkan sebelum hari-H, pengecekan suhu, mencuci tangan, masuk bilik penyemprotan diri, menjaga jarak dan mencegah kerumuman.

Dalam kegiatan ini, beberapa mahasiswa profesi kedokteran gigi yang terlibat membantu proses screening dan mengukur tekanan darah sebagai bagian dari peningkatan keahlian. Mereka pun merasa beruntung berkesempatan secara langsung bertemu dengan calon penerima vaksin dan merupakan bentuk kolaborasi antara dosen (para dokter) dan mahasiswa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pada kegiatan perdana Sentra Vaksinasi Moestopo 195 orang terverifikasi, 170 diantaranya telah menerima vaksin berasal dari sivitas akademika Moestopo dan masyarakat umum usia 18 tahun ke atas. 

Jumlah ini merupakan kontribusi terhadap target 1.000 orang per hari seperti yang ditetapkan oleh Kelurahan Bintaro dalam percepatan program vaksinasi agar dapat selesai pada bulan Agustus 2021.

Selain dihadiri pimpinan Fakultas Kedokteran Gigi, kegiatan ini juga dimonitor secara langsung oleh pimpinan Rektorat Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Kelurahan Bintaro, Dewan Kota Kecamatan Pesanggrahan dan Perwakilan Polsek setempat.

Kegiatan yang dimulai pada Kamis (8/7) ini akan berlangsung tiap Selasa dan Kamis selama bulan Juli 2021 untuk vaksinasi tahap pertama dan bulan Agustus 2021 untuk vaksinasi tahap kedua.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER