Jumat, 29 Maret, 2024

Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1-4 Rampung Akhir 2021

MONITOR, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tengah menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat sepanjang 143,25 km. Kehadiran tol ini akan meningkatkan konektivitas di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) serta mempermudah akses wisatawan, khususnya dari Kota Medan menuju Destinasti Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dengan terbangunnya akses jalan akan meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata. “Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata,” kata Menteri Basuki beberapa waktu lalu.

Pembangunan Tol Kuala Tanjung -Tebing Tinggi – Parapat terbagi menjadi 6 seksi dengan nilai investasi Rp 13,4 triliun. Seksi 1-4 dikerjakan melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan Badan Usaha Jalan Tol PT Waskita Karya untuk seksi 2 dan 3 serta PT Hutama Karya untuk seksi 1 dan 4. Sedangkan untuk seksi 5 dan 6 menjadi porsi pemerintah.

Progres pembangunan Seksi 1 Tebing Tinggi – Inderapura sepanjang 20,40 km saat ini sudah mencapai 84,45%, Seksi 2 Inderapura – Kuala Tanjung sepanjang 18,05 km mencapai 65,94%, Seksi 3 Tebing Tinggi – Serbelawan sepanjang 30 km sudah 62,68%, dan Seksi 4 Serbelawan – Pematang Siantar sepanjang 28 km telah mencapai 41,76%. Konstruksi seksi 1 – 4 ditargetkan akan rampung seluruhnya pada akhir 2021.

- Advertisement -

Sementara Seksi 5 Pematang Siantar – Seribudolok sepanjang 22,30 km dan Seksi 6 Seribudolok – Parapat sepanjang 16,70 km yang merupakan dukungan pemerintah masih dalam tahap pengajuan green book.

Tol Kuala Tanjung -Tebing Tinggi – Parapat merupakan bagian dari pembangunan proyek strategis nasional (PSN) Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan lanjutan konektivitas dari Jalan Tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi (MKTT) yang telah beroperasi pada tahun 2019. Di mana Tol MKTT sepanjang 61,72 km saat ini sudah terhubung dengan Jalan Tol Belawan – Medan – Tanjung Morawa (Belmera), sehingga kehadiran Tol Kuala Tanjung -Tebing Tinggi – Parapat nantinya bukan hanya sebagai penghubung menuju kawasan pariwisata di sekitar Danau Toba, tapi juga semakin memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat baik dari sektor industri, barang, dan jasa di wilayah Sumatera Utara.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER