Minggu, 1 Agustus, 2021

Sosok Panglima TNI Baru, DPR: Itu Hak Prerogatif Presiden

MONITOR, Jakarta – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun. Kini wacana bursa calon pengganti Panglima TNI pun mulai ramai dibahas publik.

Terkait pergantian jabatan Panglima TNI ini, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengingatkan bahwa hal tersebut merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo.

“Soal Panglima TNI itu soal prerogatif presiden,” ujar Dasco kepada awak media di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (16/6).

Ketua harian DPP Gerindra ini menyatakan Presiden tentu memiliki pertimbangan tersendiri dalam memilih calon Panglima TNI pengganti Hadi Tjahjanto nantinya. Ia pun menegaskan semua pertimbangan itu sudah diatur.

- Advertisement -

“Intinya presiden akan mempertimbangkan secara aspek untuk menentukan siapa panglima berikutnya, termasuk juga situasi kondisi pandemi ini. Kita tunggu saja karena itu sudah diatur,” tandas Dasco.

Sebagaimana diketahui, sosok perwira pengganti Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI sudah mulai menjadi perbincangan.

Sejumlah nama seperti Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono digadang-gadang akan menduduki posisi tersebut. Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pun dipastikan akan pensiun pada November 2021 nanti.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER