Waspada! Fasilitas Tempat Tidur dan Ruang ICU Covid-19 Mulai Menipis

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria/ dok: Harian Haluan

MONITOR, Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, kembali mengingatkan segenap warga Jakarta agar tetap waspada dengan kembali meningkatnya kasus Covid-19.

Politisi Partai Gerindra ini menyebut, ketersediaan tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) rumah sakit rujukan pasien COVID-19 di Jakarta untuk tempat tidur isolasi RS COVID-19 menipis yakni mencapai 53 persen dan ruang ICU sudah 52 persen dari 106 rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta.

“DKI miliki tempat tidur isolasi dengan kapasitas yang tersedia sebanyak 6.694 unit dan sudah terpakai mencapai 3.560 unit atau sekitar 53 persen. Sementara untuk ruang perawatan intensif (ICU) tersedia 1.076 unit dengan tingkat terpakai mencapai 588 unit atau sudah mencapai sekitar 52 persen,” ujarnya.

Untuk itu, ia pun meminta warga DKI Jakarta agar tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Ini harus menjadi perhatian kita bersama, bahwa sekalipun pelaksanaan pengendalian COVID-19 di Jakarta sudah cukup baik dan sudah cukup banyak, namun masyarakat kami minta tetap melaksanakan protokol kesehatan,” tegasnya.

Angka ketersedian tempat tidur dan ruang ICU tersebut, harus menjadi peringatan bagi warga Jakarta untuk disiplin menjalankan imbauan tidak ke luar rumah jika bukan untuk kepentingan yang mendesak serta saling mengingatkan dan memberikan informasi satu sama lain.

“Jadi, harus dimulai dari diri kita masing-masing untuk memastikan bahwa kita semuanya melaksanakan protokol kesehatan secara baik,” pungkasnya.