Dua Mahasiswa UIN Tulungagung Juarai Internasional Mahrojan ‘Arabi 2021

Dua mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU) meraih prestasi dalam Mahrojan Arabi XV Tahun 2021 Tingkat Internasional

MONITOR, Tulungagung – Dua mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU) meraih prestasi dalam Mahrojan Arabi XV Tahun 2021 Tingkat Internasional, yang diselenggarakan Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Dua mahasiswa yang mengharumkan nama IAIN yang kini bertransformasi menjadi UIN SATU, berhasil mencatatkan juara atas nama Mohammad Faiz dan Binti Lathifatul Mu’azaroh dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK).

Mohammad Faiz meraih Juara II Tingkat Internasional kategori Lomba Tilawah Al-Qur’an, sedangkan Binti Lathifatul Mu’azaroh berhasil mendapatkan Juara II Tingkat Nasional kategori Lomba Ghina’ Araby.

Faiz dan Binti ditetapkan juara oleh Ketua Jurusan Sastra Arab UM Dr. Hanik Mahliatussikah, M.Hum pada 4 Juni 2021 ini, menjadi prestasi yang sangat membanggakan bagi civitas UIN SATU.

“Prestasi ini sungguh seperti kado bagi civitas UIN Satu yang baru saja berubah bentuk dari sebelumnya IAIN,” kata Dr. Muniri, M.A Wakil Dekan III FTIK UIN SATU.

Muniri mengatakan, Faiz dari Jurusan Pendidikan Agama Islam dan Binti dari Jurusan Pendidikan Bahasa Arab juga mengukuhkan FTIK UIN Satu untuk selalu menghasilkan insan juara sesuai dengan bidang pendidikannya.

“Semoga prestasi ini dapat memotivasi dan menginspirasi mahasiswa UIN SATU lainnya dalam pelbagai kompetisi”, kata Muniri.

Di tempat terpisah, Kasubdit Sarana Prasarana dan kemahasiswaan mengatakan Kementerian Agama mendorong mahasiswa PTKI untuk terus berkarya dan berprestasi, tidak kalah dengan mahasiswa lainnya di Indonesia.

Ruchman berharap berbagai prestasi yang diraih mahasiswa di tingkat nasional dan internasional akan memberikan dampak positif bagi PTKIN, yaitu meningkat akreditasinya dan tentu dalam membangun image building.