Kritik Anggaran Kemhan, PSI: Lebih Berguna untuk Subsidi Rakyat

Ketua DPP PSI Tsamara Amani Alatas (dok: net)

MONITOR, Jakarta – Rencana anggaran bernilai fantastis bagi pemenuhan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Alpalhankam) tahun 2020-2044 menuai sorotan publik.

Bahkan, mitranya di Komisi I DPR RI pun memberikan perhatian terhadap rencana anggaran dalam bentuk Peraturan Presiden yang nilainya lebih dari Rp 1.700 triliun.

Politikus PSI Tsamara Amany terheran dengan jumlah rencana anggaran fantastis bagi Alpahankam TNI. Ia pun bertanya-tanya mengenai rencana ini kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, sebab rapat pembahasan anggaran ini bersifat tertutup.

Bagi Tsamara, uang sebesar itu lebih berguna jika dialokasikan bagi subsidi kebutuhan bahan makanan pokok bagi rakyat Indonesia, ketimbang untuk alpahankam. Selain itu, lebih layak digunakan untuk kebutuhan testing dan vaksinasi serta mendukung bisnis UMKM.

“Rasanya uang triliunan itu lebih berguna untuk subsidi bahan pokok bagi rakyat tak mampu, bisnis skala kecil-menengah, peningkatan testing & vaksin Covid-19,” kata Tsamara Amani, Rabu (9/6/2021).

“Pembahasannya juga begitu terutup. Kita layak bertanya pada Pak Prabowo. Ada apa? Dan untuk apa ini semua?” tandasnya lagi.