Sri Mulyani Akui Industri Keuangan Islam Berkembang Sangat Pesat

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati

MONITOR, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui saat ini keuangan Islam telah menjadi salah satu segmen industri keuangan global yang berkembang sangat cepat.

Bahkan ia menyatakan asetnya telah berkembang hingga 3x lipat dan tren positif. Ia pun memperkirakan tren ini akan terus berkembang dengan stabil mencapai lebih dari 3 triliun USD di tahun 2024.⁣

“Praktik keuangan Islam telah menarik perhatian beragam sektor karena keuangan Islam menggunakan konsep berbagi risiko, menempatkan keuangan pada sektor riil, dan memfasilitasi pendistribusian kembali kesejahteraan dan peluang,” tutur Sri Mulyani dalam keterangannya, Jumat (4/6/2021).

Ia mengingatkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang turut mengembangkan sektor industri keuangan Islam. Bahkan Indonesia uga menjadi negara pertama di dunia yang menerbitkan Global Sukuk maupun Sukuk Hijau dan terus secara regular menerbitkannya.

“Tercatat dari 2008 hingga bulan Mei 2021, total penerbitan mencapai Rp1.728,71 triliun,” jelasnya.

Sri Mulyani pun bangga, Indonesia dinobatkan sebagai negara pertama dalam daftar penerbit sukuk di dunia, diikuti oleh Saudi Arabia dan Dubai.⁣