Ma’ruf Amin: Peran BRIN Penting dalam Pengembangan Industri Halal

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin

MONITOR, Jakarta – Pemerintah akan mendukung upaya sinergi sektor industri dan litbang untuk saling bekerja sama dan berkolaborasi, khususnya mengenai masalah ekonomi dan keuangan syariah.

Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, saat menerima jajaran pengurus Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui konferensi video.

Ma’ruf menyampaikan bahwa penting adanya koordinasi antara BRIN dengan kementerian/lembaga terkait untuk dapat menghasilkan nilai tambah melalui hasil riset yang efisien sehingga dapat diimplementasikan di sektor-sektor yang membutuhkan.

“Saya menegaskan bahwa saat ini para pelaku industri produk halal membutuhkan teknologi tepat guna untuk pengembangan produknya. Kita butuh teknologi tepat guna, seperti kemasan yang dapat bertahan lama, produk kemasan yang dapat menekan biaya industri sehingga efisien,” ujar Ma’ruf Amin.

Ia mengingatkan sektor teknologi pangan juga jangan sampai tertinggal. Tak hanya itu, menurutnya BRIN juga memiliki peranan penting di dalam mengembangkan industri halal.

“Ini menjadi penting untuk mempercepat kemandirian dan memperkuat kapasitas industri halal Indonesia,” tandas Ma’ruf Amin.