Ternyata, Ini Alasan Afifah Alia Bentuk Fokus Depok

Deklarasi Fokus Depok

MONITOR, Depok – Forum Komunikasi Semesta atau Fokus resmi terbentuk di Kota Depok. Pembentukan organisasi masyarakat yang bergerak untuk kemaslahatan ini ditandai dengan deklarasi di Hall Superindo, Jalan Raya Sawangan, Pancoran Mas, Selasa (1/6/2021).

Ketua Umum Fakus Depok, Afifah Alia, mengatakan terbentuknya Fokus berawal dari adanya keresahan masyarakat terhadap Pemerintah Kota (Pemkot) Depok saat ini.

“Fokus ini berdiri atas inisiasi warga Depok, yang resah pada pemerintah saat ini. Sehingga kami perlu membuat sebuah wadah, untuk bicara bersama, untuk sedikit membantu menyelesaikan masalah-masalah yang ada di kota Depok,” katanya disela kegiatan deklarasi, Selasa (01/06).

Kendati baru dideklarasi, jelas Afifah, namun sejumlah persoalan yang dialami warga Depok sedang dibantu diselesaikan oleh Fokus. Salah satunya soal penahanan ijazah peserta didik di sekolah-sekolah swasta.

“Saat ini Fokus sedang mengadvokasi mengenai pendidikan di Kota Depok, membantu masyakat yang saat ini ijazahnya masih ditahan karena ketidakmampuan pemerintah kota Depok menyiapkan sekolah-sekolah gratis untuk warga miskin,” ujarnya.

“Akhirnya banyak warga miskin yang terpaksa sekolah di sekolah-sekolah swasta dan setelah lulus, warga miskin ini tidak bisa mengambil ijazah, tidak bisa mendapatkan ijazah,” ungkapnya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, lanju Afifah, Fokus Depok telah menyurati Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, sehingga warga tidak perlu lagi merasa kesulitan dalam mendapatkan pendidikan.

“Saat ini kami sedang menyurati Dinas Pendidikan Jawa Barat, segera membuat penyelesaian, membuat skema pembiayaan, sehingga warga Depok tidak perlu lagi kesulitan untuj mendapatkan pendidikan di kota Depok,” pungkasnya.