BERITA

Didukung Amerika, Pengamat: Israel Selalu Melanggar Resolusi PBB

MONITOR, Jakarta – Taring Israel sangat kuat di mata masyarakat internasional. Dalam sektor perdagangan, Israel berhasil melakukan ekspansi mulai dari negara-neagra kecil sampai ke negara besar. Aksi-aksinya selalu dilakukan terus menerus.

Pengamat hubungan internasional, Dinna Prapto Raharja, menyatakan bahkan dalam isu pertanian, industry, teknologi, banyak negara mengadopsi dari Israel, sehingga Israel memanfaatkan ketergantungan negara-negara itu.

Kendati demikian, Dinna mengungkapkan banyak negara yang belum sehati dengan Israel tetapi membuka hubungan dagang dengan Israel dan hubungan lainnya. Posisi ini sangat menutup peluang bagi Palestina untuk mendapatkan dukungan-dukungan dari negara lain.

“Kalo mau mendukung Palestina secara penuh, maka harus bisa meng-counter apa yang dilakukan Israel, dia itu melakukan kerjasama intensif ke banyak negara, bahkan mengeksport bunga mawar, ke banyak negara,” ujar Dinna Prapto dalam sebuah konferensi mengenai konflik Israel-Palestina, belum lama ini.

Dinna menyatakan, posisi tersebut membuat Israel ‘diatas angin’. Ia kerap melanggar resolusi PBB dalam menyikapi konflik Israel-Palestina.

“Kebijakan PBB berubah-ubah dalam setiap Resolusi. Ketika ada pembagian wilayah, lalu dibagi-bagi untuk Israel dan Palestina. Israel tidak pernah mengikuti resolusi PBB, apapun itu. Selalu dilanggar dan didukung Amerika,” tandas Dosen Universitas Bina Nusantara ini.

Recent Posts

Gerakan Pencegahan Malaria Harus Konsisten

MONITOR, Jakarta - Gerakan pencegahan penyakit malaria harus konsisten dilakukan dengan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang…

2 menit yang lalu

Kunjungi farm lele bioflok, Prof Rokhmin: inilah esensi green dan sircular economy

MONITOR, Bekasi – Ketua Umum Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI) Prof. Rokhmin Dahuri saat mengunjungi Eazy Farm…

51 menit yang lalu

Indonesia Jalin Kerjasama Teknologi Pertanian dengan Iran

MONITOR, Jakarta - Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Iran sepakat membangun kerjasama penguatan kerjasama…

1 jam yang lalu

Komisi IV DPR RI dan Kementan Dukung Labuan Bajo jadi “HUB” Pangan di Pulau Flores

MONITOR, Labuan Bajo - Komisi IV DPR RI dan Kementerian Pertanian RI mendukung destinasi wisata…

2 jam yang lalu

Mitra Kemenag, KBIHU Diminta Komitmen Dukung Kebijakan Haji Ramah Lansia

MONITOR, Jakarta - Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief mengatakan bahwa Kelompok…

2 jam yang lalu

Yandri Susanto: Pemilu Telah Usai, Mari Bersatu Kembali

MONITOR, Jakarta - Wakil Ketua MPR RI H Yandri Susanto S.Pt mengajak seluruh masyarakat Indonesia…

7 jam yang lalu