Sah Dilantik! Ganip Warsito Jabat Kepala BNPB Gantikan Doni Monardo

Presiden Joko Widodo melantik Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo melantik Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (25/5/2021).

Ganip Warsito menggantikan Kepala BNPB sebelumnya Doni Monardo yang telah memasuki masa pensiun. Sebelum dilantik pada posisi ini, Ganip merupakan Kepala Staf Umum TNI.

“Hari ini, Bapak Ganip Warsito secara resmi menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggantikan Bapak Doni Monardo yang memasuki masa pensiun. Sebelum menjadi Kepala BNPB, Pak Ganib adalah Kepala Staf Umum TNI,” ujar Jokowi dalam keterangannya, Selasa (25/5/2021).

“Selamat bekerja,” ucap Presiden lagi.

Diketahui, prosesi pelantikan ini digelar berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 79/P Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, yang ditetapkan di Jakarta pada 24 Mei 2021.

Berdasarkan Keppres tersebut, Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito diangkat menjadi Kepala BNPB, menggantikan Doni Monardo yang akan memasuki masa pensiun dari dinas TNI pada 1 Juni 2021 mendatang.