Masjid dan Mushola di Jakarta Dapat Dana BOTI Lewat Bank DKI

Bank DKI dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi DKI Jakarta menyalurkan dana Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI) kepada 3.200 Masjid dan 2.000 Mushola.

MONITOR, Jakarta – Ada kabar gembira bagi pengelola masjid dan musola di Jakarta. Pasalnya, Bank DKI dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi DKI Jakarta menyalurkan dana Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI) kepada 3.200 Masjid dan 2.000 Mushola.

Dana BOTI tersebut diperuntukan juga untuk insentif imam dan insentif marbot masjid melalui fasilitas perbankan milik Bank DKI.

Kerjasama penyaluran dana BOTI tersebut ditandatangani oleh Direktur Kredit UMK & Usaha Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi dan Ketua Dewan Masjid disaksikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria dan Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual Sekda DKI Jakarta, Muhammad Zen, pada Selasa (25/5).

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini menyebutkan, Jumlah dana BOTI, insentif imam dan marbot pada Tahun Anggaran 2021 yang akan disalurkan melalui Bank DKI berjumlah sebesar Rp142,3 miliar dengan besaran bantuan masjid mencapai Rp2 juta perbulan dan mushola Rp1 juta perbulan.

“Dana BOTI tersebut akan disalurkan melalui tabungan Monas iB umum non perorangan Bank DKI Syariah,” ujarnya.

Penyaluran bantuan tersebut juga merupakan dukungan Bank DKI dalam mendorong program Pemprov DKI Jakarta serta implementasi atas Keputusan Gubernur Nomor 420 Tahun 2021 tentang penerima Hibah, Bantuan Sosial dan Bantuan Keuangan dalam bentuk uang yang bersumber dari APBD Tahun Anggaran 2021.

“Perjanjian kerjasama tersebut diharapkan dapat memperlancar penyaluran dana BOTI dan insentif dengan aman, tepat sasaran, tepat waktu dan tepat jumlah sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Dewan Masjid Indonesia Provinsi DKI Jakarta,” terangnya.

Herry juga mengajak kepada masjid dan musola penerima dana BOTI untuk menjadi merchant JakOne Mobile, menggunakan sistem pembayaran Bank DKI scan to pay untuk mendorong Jemaah dari masing-masing Masjid dan Mushola, sebagai sarana berinfaq dan sedekah secara non tunai.

Sementara itu, Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual Sekda DKI Jakarta, Muhammad Zen mengapresiasi Bank DKI dalam penyediaan akses layanan perbankan kepada Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi DKI Jakarta. Kedepannya, ia berharap agar Bank DKI dapat terus bersinergi mendukung program Pemprov DKI Jakarta.

“BOTI merupakan program prioritas Pemprov DKI Jakarta untuk menjamin transparansi pemberian bantuan secara transfer. Karena itu, Pemprov DKI menggandeng Bank DKI untuk menyalurkan dana BOTI ini,” pungkasnya.