Pekan Depan, Tjahjo Kumolo Akan Bahas Nasib 75 Pegawai KPK

Menpan RB Tjahjo Kumolo. (Dok. Setkab)

MONITOR, Jakarta – Polemik tidak lolosnya sebanyak 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam tes seleksi wawasan kebangsaan tampak akan diakhiri.

Terbaru, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan pimpinan KPK akan segera membahas masalah tersebut.

Menpan RB Tjahjo Kumolo mengatakan, rencananya rapat koordinasi akan digelar pada pekan depan.

“Sudah ditentukan minggu depan rapat koordinasinya (dengan kepala BKN dan pimpinan KPK),” kata Tjahjo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/5/2021).

Senada dengan Tjahjo, Ketua KPK Firli Bahuri sebelumnya juga mengatakan pihaknya bersama lembaga terkait akan membahas secara intensif nasib 75 pegawai yang tidak lolos TWK pada Selasa, 25 Mei 2021 mendatang.

“Hari Selasa kita akan lakukan pembahasan secara intensif untuk penyelesaian 75 pegawai KPK, rekan-rekan kami, adik-adik saya, bagaimana proses selanjutnya tentu melibatkan kementerian dan lembaga lain,” ujar Firli dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Kamis (20/5/2021).

Firli bahkan menegaskan, KPK tidak pernah memberhentikan pegawai yang tidak lolos TWK. Ia juga mengatakan seluruh proses penyelidikan, penyidikan, penuntutan di KPK masih terus berjalan.