BOR Wisma Atlet Berhasil Turun 15 Persen, Jokowi: Jangan Lengah!

Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers

MONITOR, Jakarta – Kasus aktif Covid-19 di Jakarta perlahan berangsur turun. Ini dibuktikan berdasarkan laporan penanganan kasus dari tingkat perawatan pasien di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran.

Hal tersebut diungkap Presiden Joko Widodo saat bertemu para kepala daerah di seluruh Indonesia. Ia mengingatkan beberapa bulan yang lalu, angka penyebaran Covid-19 pernah meningkat tajam. Bahkan tingkat keterisian tempat tidur untuk perawatan (Bed Occupancy Ratio/BOR) di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran pernah sampai 90 persen.

“Berkat berbagai upaya penanganan dan pencegahan yang dilakukan setelahnya, angka tersebut dapat berangsur turun. Kemarin, BOR Wisma Atlet tinggal 15 persen,” ujar Jokowi dalam keterangannya, Jumat (21/5/2021).

Kendati kasus Covid-19 sudah menurun, namun orang nomor wahid di Indonesia ini menegaskan agar para kepala daerah jangan sampai lengah dan mengabaikan pandemi.

“Akan tetapi, pandemi Covid-19 belum berakhir. Kita tidak boleh lengah. Karena itulah, saya selalu menekankan kepada para kepala daerah, untuk memantau terus-menerus indikator pengendalian pandemi di daerah masing-masing,” imbuhnya mengingatkan.

Menurut Jokowi, dengan demikian, pemerintah daerah dapat segera menyiapkan langkah taktis dan terukur dalam menekan penyebaran kasus di wilayah mereka.