Abdul Mu’ti: Pernyataan Hendropriyono Tak Cerminkan Sikap Negarawan

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, (dok: Republika)

MONITOR, Jakarta – Pernyataan tokoh intelijen dan militer Indonesia, Jenderal (Purn) AM. Hendropriyono, mengenai konflik Palestina dan Israel bukanlah urusan bangsa Indonesia menuai kritik dari berbagai kalangan.

Salah satu kritik datang dari Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti. Ia meyayangkan pernyataan mantan Ketua Umum PKPI itu yang dilontarkan ditengah serangan Israel ke Palestina.

“Saya menyayangkan pernyataan Pak Hendropriyono. Pernyataan beliau tidak mencerminkan sikap seorang negarawan,” ujar Abdul Mu’ti dalam keterangannya, Rabu (19/5/2021).

Mu’ti menjelaskan, di dalam pembukaan UUD 1945 jelas sekali menunjukkan komitmen Indonesia dalam menentang segala bentuk penjajahan dan agresi serta peran serta aktif dlm menciptakan perdamaian dunia.

Untuk itu, menurutnya solidaritas bangsa Indonesia terhadap nasib bangsa Palestina merupakan bentuk pengamalan amanat Konstitusi dan panggilan nurani berdasarkan Pancasila dan ajaran agama yang luhur.

Bahkan, ia mengingatkan Presiden Jokowi telah menegaskan dalam berbagai kesempatan bagaimana komitmen Pemerintah Indonesia dalam mendukung perjuangan bangsa Palestina sebagai bangsa dan negara yang berdaulat.