Jasa Marga Dukung Penyekatan Kendaraan dan Pelaksanaan Random Check Antigen

Pelaksanaan Random Check Antigen

MONITOR, Jakarta – Memasuki periode arus kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek mulai hari ini, PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama pihak Kepolisian dan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan memastikan kesiapan pelaksanaan pengendalian transportasi di jalan tol.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, Jasa Marga mendukung penuh pelaksanaan check point/posko penyekatan kendaraan arah Jabotabek yang terletak di KM 47B Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Di titik ini, pihak Kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap dokumen perjalanan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Saat ini untuk titik penyekatan di KM 31A dan KM 46+500A Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek sudah dihentikan. Sesuai dengan diskresi Kepolisian, mulai hari ini (15/05) titik penyekatan akan fokus untuk kendaraan yang kembali ke arah Jabotabek. Jasa Marga mendukung penyediaan lokasi, penempatan petugas untuk mengatur lalu lintas hingga penempatan rambu-rambu agar kegiatan ini berjalan dengan lancar,” ujar Heru.

Dengan adanya diskresi ini, Heru juga menambahkan, akses Jalan Layang MBZ yang sebelumnya telah ditutup total di kedua arahnya sejak 6 Mei 2021 lalu, telah dibuka kembali untuk kendaraan yang menuju arah Cikampek sejak 14 Mei pukul 20.00 WIB. Pengguna jalan dengan kendaraan golongan 1 dari arah Rorotan, Jatiasih maupun Cawang yang menuju arah Cikampek kini sudah bisa mengakses jalan layang tersebut.

“Namun untuk akses KM 48B Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta masih dilakukan penutupan sementara untuk mendukung penyekatan kendaraan kembali ke arah Jabotabek,” tambahnya.

Selain itu, untuk menekan penyebaran penularan COVID-19, Jasa Marga bersama Satgas COVID-19 Daerah juga mendukung pelaksanaan random check antigen di sejumlah lokasi di jalan tol. Proses screening dilakukan secara random dengan Rapid Test Antigen untuk kendaraan dengan plat nomor di luar wilayah aglomerasi. Dalam pelaksanaannya, Jasa Marga menyediakan lokasi dan kelengkapan Posko serta berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk pengaturan lalu lintas. Sementara itu untuk peralatan tes, petugas medis hingga ambulans disediakan oleh Satgas COVID-19 daerah atau Dinas Kesehatan setempat.

“Apabila pengguna jalan terindikasi positif COVID-19, maka akan diamankan oleh satgas COVID-19 Daerah dengan Ambulans ke Rumah Sakit Rujukan, sesuai Standar Operasional Prosedur Satgas COVID-19 Daerah. Beberapa lokasi Rapid Test Antigen di Jalan Tol Jasa Marga Group yang sudah berjalan mulai hari ini di antaranya adalah KM 47B Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Rest Area KM 38B Jalan Tol Jagorawi, Rest Area KM 149B dan Km 125B Jalan Tol Padaleunyi, Rest Area KM 97B dan KM 72B Jalan Tol Cipularang, Gerbang Tol (GT) Kalikangkung dan Rest Area KM 360B Jalan Tol Batang-Semarang serta GT Ngawi dan Rest Area KM 519B Jalan Tol Solo-Ngawi,” ujar Heru.

Selain upaya-upaya dalam melakukan pengendalian transportasi, Jasa Marga bersama Indonesia Flying Club masih terus melakukan pemantauan melalui udara pada 16-17 Mei 2021 yang terintegrasi dengan Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) untuk mendapatkan sumber informasi secara real time, cepat dan efisien.

Sementara itu untuk layanan transaksi, Jasa Marga juga turut mengantisipasi adanya pengalihan lalu lintas di gerbang tol terdekat dengan posko penyekatan. Jasa Marga menyiapkan mobile reader dan tambahan petugas tapping di gerbang tol untuk meningkatkan kapasitas transaksi serta memastikan keberfungsian peralatan tol dan kelengkapan operasional di setiap gerbang tol. Di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)/rest area, Jasa Marga juga melakukan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dengan menerapkan physical distancing & protokol kesehatan COVID-19, membatasi kapasitas parkir maksimal 50% dan waktu singgah pengunjung.

Dengan adanya sejumlah titik lokasi penyekatan dan random test antigen di Jalan Tol Jasa Marga Group, Heru meminta pengguna jalan untuk mengatur perjalanannya agar tidak pulang bersama-sama di hari Sabtu dan Minggu ini (16-17 Mei 2021).

“Antisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan) saat berada di Tempat Istirahat. Informasi lalu lintas di seputar jalan tol dapat diakses melalui Call Center 24 Jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 3.0 untuk pengguna iOS dan Android,” tutup Heru.