Menko PMK: Mudik ke Kampung Berpotensi Menyebarkan Virus

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK), Muhadjir Effendy, meninjau suasana lebaran

MONITOR, Jakarta – Lebaran tahun 2021 ini masih dalam suasana pandemi. Pemerintah pun telah mengeluarkan surat edaran untuk meniadakan mudik bagi masyarakat. Hal ini guna mencegah terjadinya penyebaran laju virus Corona.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menyatakan setiap liburan panjang akan selalu diikuti lonjakan kasus baru.

“Kita tahu, kerumunan besar pasti tak terhindarkan saat mudik, khususnya di rest area. Hal ini berbahaya karena berpotensi besar bagi penularan dan penyebaran Covid-19,” ujar Muhadjir Effendy.

Muhadjir menyatakan, apabila perjalanan sampai ke kampung halaman tetap dilanjutkan maka dapat berpotensi menyebarkan virus ke orang-orang di kampung. Namun tetap saja, masih ada calon pemudik yang nekat menipu petugas di jalan.

“Menipu petugas di jalan justru merugikan calon pemudik sendiri. Contohnya kasus yang dijumpai adalah rombongan calon pemudik nekat menggunakan bus karyawan. Sebuah bus karyawan yang sekilas terlihat normal saja, begitu diperiksa ternyata dalamnya banyak anak kecil. Akhirnya petugas memutar balik bus tersebut,” terang mantan Mendikbud RI ini.

Pemerintah dikatakan Muhadjir, terus bekerja keras sebaik mungkin baik secara persuasif maupun penindakan tegas untuk kebaikan bersama.