Kamis, 18 April, 2024

Menhub Budi Klaim Jumlah Pemudik Turun Signifikan

MONITOR, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tampak puas lantaran masyarakat mulai sadar dan menaati aturan larangan mudik yang diberlakukan pemerintah. Bahkan, dikatakan Budi, jumlah pemudik mulai menurun secara signifikan.

“Kami selaku penyelenggara mengapresiasi masyarakat memberikan suatu respons yang baik tentang upaya peniadaan mudik yang efektif,” kata Budi Karya, dalam keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas mengenai Penanganan Pandemi COVID-19, Senin (10/5/2021).

Budi menjelaskan, terhitung dari tanggal 6 hingga 9 Mei terjadi penurunan pergerakan penumpang baik di angkutan udara, laut, darat, maupun perkeretaapian.

“Tanggal 6 Mei sampai 9 Mei yang kita evaluasi, terjadi penurunan yang signifikan. Kalau dari normal itu di (angkutan) udara penurunan sampai 93 persen, kalau di laut dan kereta api kira-kira 90 persen, di darat memang sedikit penurunan kira-kira 40 persen,” terangnya.

- Advertisement -

Lebih lanjut ia mengungkapkan, terjadi kenaikan jumlah penumpang pada periode sebelum peniadaan mudik yaitu tanggal 22 April hingga 5 Mei. Pada periode tersebut, para pelaku perjalanan diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan negatif tes PCR/swab antigen/GeNose.

“Pada masa 22 April sampai tanggal 5 Mei terjadi suatu kenaikan jumlah mereka yang keluar dari tempat asal 20-30 persen,” ungkapnya.

Ia pun mengapresiasi semua unsur yang telah berupaya maksimal melakukan penyekatan di sejumlah titik yang dilalui pemudik.

“Kami mengapresiasi TNI, Polri, dan pemda [pemerintah daerah) yang melakukan effort yang baik terhadap upaya-upaya penyekatan. Kemarin kami sempat melakukan suatu kunjungan ke tiga tempat: ke (Pelabuhan) Merak, (Pelabuhan) Bakauheni, dan ke Brebes, penurunan begitu signifikan, 90 persen penumpang pergerakannya,” ujarnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER