Selasa, 19 Maret, 2024

Irma Chaniago Apresiasi Pertumbuhan Sektor Pertanian di Kuartal 1 2021

MONITOR, Jakarta – Politisi Nasdem, Irma Suryani Chaniago mengapresiasi pertumbuhan sektor pertanian pada kuartal 1 2021. Menurutnya, pertumbuhan itu merupakan modal dasar, sekaligus modal utama dalam membangkitkan sektor lainnya menuju perbaikan ekonomi nasional.

“Artinya sektor pertanian menurut saya penyumbang kestabilan ekonomi terutama dalam hal kesejahteraan buruh tani. Apalagi 30 persen pekerja di Indonesia bekerja di sektor pertanian,” ujar Irma, Kamis, 6 Mei 2021.

Terkait hal ini, Irma menilai sosok Syahrul (Syahrul Yasin Limpo) sebagai Menteri Pertanian terbukti mampu membawa pertanian Indonesia ke arah yang jauh lebih baik.

“Saya mau bilang bravo kementan, bravo Syahrul Yasin Limpo. Kalian mampu membawa sektor pertanian tetap berada di jalur positif,” katanya.

- Advertisement -

Sektor pertanian pada kuartal 1 2021 mengalami pertumbuhan positif sebesar 2,95 persen, dimana subsektor tanaman pangan menyumbang 10,32 persen atau naik 2 digit dari perkembangan angka sebelumnya. Begitupum dengan subsektor hortikultura yang tumbuh sebesar 3,02 persen dan peternakan 2,48 persen.

Menurut Irma, Kementan juga dinilai berhasil karena selama puasa dan menjelang lebaran mendatang mampu menstabilkan harga bahan pokok, sehingga masyarakat tetap khusyuk dalam menjalan ibadahnya.

“Saya menilai Kementan mampu menjaga kestabilan harga pasar bahan pokok sekaligus mampu menjaga ketahanan pangan secara nasional,” tutupnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indef Ahmad Tauhid juga mengatakan bahwa sektor pertanian masih akan tumbuh positif, terutama saat pandemi Covid 19 berlangsung. Menurutnya, pertanain adalah sektor andalan yang harus dijaga bersama untuk perbaikan dan pertumbuan ekonomi nasional.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER