Sabtu, 27 April, 2024

Polemik Tes Pegawai KPK, Fadli Zon: Kita Alami Kemunduran

MONITOR, Jakarta – Bocornya soal asesmen tes wawasan kebangsaan bagi pegawai KPK menggegerkan publik. Banyak kritik mengalir terkait daftar pertanyaan yang diajukan dalam test tersebut.

Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri memastikan pihaknya tidak terlibat dalam penyusunan soal asesmen tes tersebut. Ia justru menyatakan ada 5 lembaga/instansi yang menyusun materi asesmen itu. Diantaranya BAIS TNI, BKN, Pusat Intelijen TNI Angkatan Darat, dan lainnya.

Menanggapi viralnya tes wawasan kebangsaan bagi pegawai KPK, Politikus Gerindra Fadli Zon juga mengaku heran. Ia mengatakan bangsa Indonesia tengah mengalami kemunduran apabila tes kebangsaan yang beredar itu benar adanya.

“Kalau benar pertanyaan-pertanyaan Tes Kebangsaan pegawai KPK RI seperti yang beredar itu, sungguh kita alami kemunduran dalam berbangsa,” kata Fadli Zon, Kamis (6/5/2021).

- Advertisement -

Menurutnya, sederet pertanyaan yang diajukan dalam test pegawai KPK justru mengganggu ranah privat individu. Ia menilai tidak ada korelasi antara pertanyaan yang disusun dengan integritas calon pegawai lembaga anti rasuah itu.

“Sejumlah pertanyaan itu tak ada hubungan dengan integritas, malah bisa mengganggu ranah privat kebebasan jalankan ajaran agama dan keyakinan yang dijamin konstitusi,” imbuh Ketua BKSAP DPR RI ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER