Mardani Ingatkan Jokowi Ide Pindah Ibukota Tak Lagi Relevan

Legislator dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera

MONITOR, Jakarta – Wacana pemindahan ibukota ke Kalimantan Timur dinilai tak lagi relevan dibahas terlebih di masa pandemi. Anggota DPR dari Fraksi PKS, Mardani Ali Sera, berharap Presiden Jokowi dapat mempertimbangkan keberatan atas rencana tersebut.

“Covid-19 mestinya membuat pak Jokowi tahu bahwa ide pindah ibu kota sudah tidak relevan lagi. Etiskah rencana ini?” tutur Mardani, Rabu (21/4/2021).

Dibanding memikirkan wacana pemindahan ibukota, Mardani menyarankan agar Jokowi lebih fokus mengatasi pandemi mulai dari sektor kesehatan hingga ekonomi.

“Fokuskan energi untuk mengatasi pandemi mulai dari kesehatan sampai ekonomi. Pandemi masih belum bisa dikendalikan dan APBN masih sangat terbatas,” kata Mardani.

Salah satunya, menurut Mardani, terlihat ketika beberapa waktu yang lalu ada wacana pemotongan insentif tenaga Kesehatan oleh pemerintah. Walaupun akhirnya tidak dilakukan karena mendapat penolakan dari berbagai pihak.

Sebagaimana diketahui, saat ini pemerintah tengah menggodok draf RUU Ibu Kota Negara Baru sebagai landasan proyek itu dan akan segera mengajukannya ke DPR untuk dibahas.