Tips Menu Sahur dan Berbuka Puasa Sehat Ala Dinkes Depok

MONITOR, Depok – Memasuki bulan suci Ramadan, umat muslim menjalankan ibadah puasa selama sebulan. Saat menjalankan puasa, makanan yang dikonsumsi harus sehat dan bergizi agar dapat menjalankan puasa dengan tubuh yang berstamina.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, May Haryanti berbagi tips menu sehat saat berpuasa. Menu sehat ini agar saat berpuasa tetap dapat menjalankan aktivitas dengan optimal.

“Mulai dengan berniat puasa, karena niat puasa dapat memprogram hormon dan sel tubuh untuk menbantu proses puasa dan detoksifikasi. Meski lalai makan atau hanya minum air putih saat sahur,” jelasnya kepada wartawan, Kamis (15/04).

May menuturkan, saat sahur mengonsumsi makanan berindeks glikemik rendah dan makanan lainnya yang kaya vitamin-mineral untuk menjaga vitalitas tubuh. Makanan yang mengandung indeks glikemik rendah mampu bertahan lebih lama dalam saluran pencernaan, sehingga perasaan subyektif lapar makin berkurang.

Selain itu, sambungnya, makanan yang indeks glikemiknya rendah melepas gula ke dalam peredaran darah secara beretahap. Makanan dengan indeks gligemik rendah antara lain singkong, ketela, kentang, nasi, nasi jagung, umbi-umbian, beras merah, bulgur dan oats.

Sedangkan makanan dengan indeks glikemik tinggi di antaranya roti, bubur dan mie instan.

“Bersahurlah lebih akhir, saat mendekti imsak atau fajar, sehingga cadangan-cadangan energinya cukup sampai berbuka. Serta minum air putih saat sahur maupun buka,” tambahnya.

Dikatakan May, saat berbuka puasa sebaiknya tidak langsung mengonsumsi makanan berat atau nasi. Karena, memerlukan waktu pencernaan yang lama dan membebani pencernaan. Sebaiknya, berbukalah dengan makanan yang ringan dan manis, seperti kurma, buah, maupun kue.

“Hindari pula berbuka dengan minum air es apalagi softdrink. Minuman yang satu ini dapat menahan lapar, sehingga asupan nutrisi kurang maksimal ketika tiba waktu makan,” pungkasnya.