Puji Risma soal Santunan Gempa, PKS: Alhamdulillah Anggarannya Ada

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid (dok: net)

MONITOR, Jakarta – Santunan kematian yang diberikan Menteri Sosial, Tri Rismaharini, kepada para ahli waris delapan korban meninggal akibat bencana gempa bumi di Malang, Jawa Timur, menuai pujian.

Pujian tersebut datang dari Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid. Dimana, Risma memerintahkan anak buahnya memberikan santunan sebesar Rp120 juta bagi para ahli waris tersebut.

Masing-masing ahli waris mendapatkan santunan sebesar Rp15 juta per jiwa. Santunan ini pun dibagikan pada Minggu, 11 April 2021 lalu. Selain santunan, Kemensos juga menyalurkan bantuan logistik kepada daerah yang terkena dampak parah bencana.

“Alhamdulillah ternyata anggarannya ada,” tutur Hidayat Nur Wahid, Rabu (14/4/2021).

Namun ia mengingatkan, seyogyanya Risma juga memastikan bantuan santunan bagi para korban bencana alam yang berada di NTT hingga Sulawesi Barat. Hal ini dimaksudkan agar pemenuhan bantuan pemerintah adil dan merata.

“Maka demi keadilan dan pelaksanaan UU, selain santunan kematian akibat bencana alam di Malang dan sekitarnya, maka Mensos jangan melupakan santunan kematian akibat bencana di NTT, SulBar dll. Juga untuk ahli waris korban bencana covid-19,” ujar Hidayat menyarankan.