Bencana Melanda, PKS Ingatkan Sikap Pemerintah Jangan Reaktif

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera (dok: Tribun)

MONITOR, Jakarta – Berbagai bencana alam belakangan melanda sejumlah wilayah di negeri ini. Peristiwa ini, menurut Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, harus dijadikan bahan evaluasi bagi pemerintah dalam merencanakan isu strategis nasional.

Mardani pun mengingatkan agar pemerintah pusat maupun daerah tidak hanya bersikap reaktif dalam merespon bencana yang datang.

“Kedepan hal tersebut mesti diberlakukan sebagai isu strategis nasional. Pemerintah, baik pusat/daerah tidak bisa hanya merespon secara reaktif ketika bencana melanda,” kata Mardani Ali Sera, Selasa (13/4/2021).

Menurutnya, sudah semestinya ada lembaga yang diberikan tugas untuk merespon, memikirkan sampai memitigasi bencana.

“Kita punya BNPB yang kewenangan dan payung hukum harus diperkuat, anggaran sampai sumber daya juga perlu terjamin ketersediannya,” terang Anggota DPR RI dari Fraksi PKS ini.

Selain itu, menurutnya investasi teknologi serta SDM diaspek penanganan bencana mutlak diperlukan. BMKG mendeteksi secara dini (kemungkinan bencana hidrologi), dibekali sistem dan peralatan hidrologi yang mumpuni.

Selanjutnya, deteksi tersebut dihubungkan ke institusi terkait baik pusat/daerah yang memiliki kemampuan merespons secara cepat.